page rank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net

Kamis, 23 Mei 2013

Cara Amankan Hardisk Eksternal Anda Dengan Bitlocker


·                  
Amankan Hardisk Eksternal Anda Dengan Bitlocker atau cara mengamankan hardisk eksternal dengan bitlocker drive encryption windows 7. Sudah menjadi topik utama dan wajib pada blog ini tentang keamanan data, maka pada kesempatan kali ini saya kan membahas satu tips dan trik untuk lebihlagi data-data pribadi Anda.
Untuk  postingan kali ini, saya akan sertakan jawaban pertanyaan dari salah satu komentar sobat yang meninggalkan komentarnya yang tak berjejak pada artikel saya sebelumnya yaitu mengamankan drive laptop dengan Bitlocker Drive Encryrtion Pada Windows 7.

Sebagai jawaban dari pertanyaan itu, saya udah uji coba hal ini pada hardisk eksternal saya dan ketika hardisk eksternal, saya sambungkan atau masukin ke komputer lain, alhamdulillah sih setingan bitlockernya masih jalan. Ini cuma gambaran awal doank, dari apa yang akan saya bahas pada postingan ini. Temen-temen yang udah mempunyai hardisk eksternal dan ingin mengamankan data-data pribadinya pada hardisk eksternal tersebut, enggak ada salahnya untuk mencoba cara yang satu ini. 

Pada dasarnya langkah-langkah ini untuk mengunci atau mengamankan hardisk eksternal. Ini  sama halnya pada saat kita menerapkan bitlocker pada hardisk internal komputer. Jika temen-temen udah membaca artikel saya sebelumnya tentang
cara Mengamankan Drive Laptop Dengan Bitlocker Drive Encryption Pada Windows 7 akan lebih mudah memahami hal yang akan saya jelaskan sebentar. Dan untuk temen-temen yang belum ngebacanya, silakan simak langkah-langkahnya.

Untuk langkah-langkah mengunci atau mengamankan hardisk eksteral Anda, silakan ikuti cara-cara berikut :

  1. Langkah atau cara pertama, silakan masukkan atau sambungkan hardisk eksternal pada komputer sobat. Setelah hardisk eksternalnya udah terbaca dan jikahardisk eksternal sobat udah terbagi atas beberapa partisi, silakan klik kanan pada salah satu partsisi yang akan dikunci dengan bitlocker kemudian pilih menu Turn On Bitlocker.

  1. Setelah Anda memilih Turn On Bitlocker, tunggu proses pendeteksian hardisk eksternalnya sampai muncul pilhan dengan cara apa pembukaan kunci bitlockernya yang akan Anda gunakan. langsung saja aktifkan pilihan yang pertama yaitu Use a Password to Unlock this drive kemudian masukanpasswordnya pada kolom pertama dan kedua dilanjutkan dengan memilih perintah next.

  1. Pada langkah selanjutnya lagi, silakan pilih save the recovery ke to a file. Silakan pilih tempatnya dimana anda ingin menyimpan kode recoverinya. Sebagai informasi tambahan, kode recovery inilah yang akan Anda gunakan untuk membuka hardisk eksternal sobat jika dikemudian hari Anda lupa password untuk membuka hardisk eksternal sobat yang telah dikunci dengan bitlocker. Makanya simpan baik-baik file tersebut. Jangan sampai terhapus atau sobat sengaja menghapusnya. Hehehe... Setelah filenya udah tersimpan tuh, lanjutkan lagi dengan memilih perintah next.
  2. Tahap berikutnya cuman konfirmasi saja, apakah sobat udah siap menerapkan bitlocker drive encryption pada hardisk eksternal sobat atau belum. Kalau sudah siap, lanjutkan saja dengan memilih perintah Start Encryption
  3. Proses enkripsi akan membutuhkan beberapa menit tergantung banyaknya data pada hardisk eksternal sobat. Sambil menunggu prosesnya berlangsung, sekalian saja bikin kopi dulu sob...
  4. Setelah prosesnya selesai tuh, silakan restart komputer sobat untuk menyempurnakan penerapan bitlocker pada hardisk eksternalnya.
Jika ada yang tidak dipahami atau ada kendala dalam menerapkan hal ini pada hardisk eksternalnya, silakan tuliskan komentar atau tanggapan sobat sekalian.

2 komentar:

apakah aplikasi berjalan walau pada windows 8??

knp saya cuma di clik d hardis eksternal aja yg gk muncul, pada saat d klik kanan di hardisk internal knp bisa muncul bitlocker nya

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More