page rank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net

Jumat, 24 Mei 2013

5 tips mudah untuk menabung



Menabung  dari dulu sampai sekarang susah banget untuk menabung, ada aja keperluan yang mendadak atau pengen ada sesuatu yang di beli. Kalau udah gitu terpakasa deh, pecahkan Celengan Semar., GUBRAKKKKKKKK!


Nah, menurut orang yang ahli dibidangnya dan sering melakukan survey bahwa Kebiasaan menabung orang Indonesia ternyata memang  dari tahun ke tahun enggak berubah. Hanya 47 % sih, orang Indonesia yang sudah mulai menabung, serta hanya 29 % yang taat sama anggaran belanja yang dibuatnya.  Bener ga??

Trus.. gimana sih, caranya biar mudah menabung? masih menurut orang tersebut ada 6 cara mudah menabung. Mau tau gi mna caranya, ini dia:

1. CATAT KEBIASAAN ANDA DALAM SEBULAN
Sebenernya menabung itu sangat mudah lo, selama pengeluaran Anda lebih kecil dari pendapatan. Sebelum itu, kalian harus tau bagaimana kebiasaan Anda dalam mengeluarin uang tiap bulannya. Cobalah untuk mencatat pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. And than, tentuin mana yang perlu dikurangi..

2. SISIHKAN UANG UNTUK ANDA PRIBADI
Kunci kesuksesan menabung ialah untuk menyisihin uang di awal, sebelum pembayaran hal-hal lain seperti membayar listrik, air dan cicilan. Tentuin tujuan jangka panjang dan secara reguler tabunglah uang sobat dalam tabungan ataupun investasi.
Karena jika kamu terbiasa untuk berbelanja dan baru berusaha menabung setelah ada sisa uang di akhir bulan, maka umumnya sisa uang yang ada di rekening kamu enggak banyak.

3. TENTUKAN TANGGAL
Jika kamu mendapat gaji bulanan maka tidak akan bermasalah untuk menentukan tanggal untuk menyisihkan dana, tapi bagi kamu yang menerima upah/gaji tiap dua minggu, maka tentukan satu dari dua tanggal tersebut untuk menyisihkan dana yang akan ditabung. Jika kamu seorang wirausahawan, tentukan tanggal di tengah bulan di saat kamu tidak membayar tagihan-tagihan.

4. BAYARLAH UTANG ANDA
Segera melunasi utang adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepat kamu dalam menabung. Hal ini disebabkan karena bunga pinjaman lebih tinggi dari bunga tabungan.

5. JAGA TERUS DISIPLIN ANDA
Setelah utang terbayar, maka teruslah sisihkan dana setiap bulannya ke tabungan, bahkan lebih baik lagi jika tersedia penarikan otomatis untuk dimasukkan ke investasi.dan jangan lupa
Tentuin apa yang kamu inginkan dan ketahui berapa jumlah dana yang dibutuhin, kemudian tentukan cara yang realistis seperti menabung reguler selama beberapa bulan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More