page rank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net

Jumat, 24 Mei 2013

5 tips belajar untuk mahasiswa supaya cepet lulus


Bagi mahasiswa nih, baiklah kali ini saya akan postingin tentang gimana tips belajar untuk mahasiswa di mana tips yang satu ini, yang biasa saya gunakan oleh mahasiswa sehari hari pada umumnya, sebelum ke pembahasan nih, saya ingin menanyakan kepada sobat blogger semua yang sudah masuk ke jenjang kuliah, pertanyaanya yaitu target apa yang anda cari dalam kuliah? berapa lama sih anda ingin menyelesaikan study sobat blogger?. Pertanyaan diatas ialah pertanyaan simpel yang terkadang sobat sulit untuk ngenjawabnya.


Sekarang kita ulas satu per satu, target mahasiswa dalam studi belajarnya bermacam macam ada yang menargetkan IPK yang cumlaud, ada juga yang menargetkan 4 tahun lulus S1, dan lain-lain dan rata-rata 2 target tersebut yang kerap mahasiswa lontarkan, jadi gimana caranya target itu bisa tercapai? enggak lain dengan mengetahui tips belajar yang cocok dan effisien. Bagaimana tips belajar yang baik?.

Belajar merupakan proses kita memahami sesuatu, dengan belajar kita akan mudah menyimak pelajaran dan kemudian bisa kita kembangkan sesuai kreatifitas kita, seperti contoh :
Seorang mahasiswa sistem informatika mendapat pelajaran tentang logika dan struktur algoritma, kebetulan dosen menerangkan logika memasang dasi yang di tuliskan dalam bentuk flow chart dari mulai mengalungkang dasi ke leher, sampai mengikatnya menjadi simpul yang bagus, dengan belajar berdasarkan contoh dasi lalu mahasiswa mau mengembangakan hasil belajarnya maka tidak sulit untuk mahasiswa tersebut membuat logika sebuah software apotek dengan logika pembeli datang,kasih resep,obat di terima,bayar,keluar struk.

sekarang
udah masuk ke inti masalah yakni tips belajar yang baik untuk mahasiswa yang perlu di perhatikan adalah:
1.Niat ingin belajar.tanpa adanya niat jangan kan belajar, membaca judul sampul buku saja sudah malas. 
2.Jangan pernah belajar dalam keadaan tidak fokus.hilangkan semua masalah sejenak entah itu masalah pacar, kampus, teman dll. just fokus supaya lebih mudah masuknya pelajaran. 
3.Jika memang terhubung internet untuk mencari bahan belajar, biasakan untuk tidak membuka tab facebook,twitter,youtube dan sejenisnya 
4.Manfaatkan perpustakaan sebagai sumber ilmu. 
5.Jangan malu bertanya kepada yang lebih bisa,dengan bertanya kita dapat mengeksplor pertanyaan sesuai kebutuhan kita,dan terkadang buku tidak menyediakan pembahasan itu. 
6.Manfaankan forum,dengan berforum kita bisa mendiskusikan masalah mengenai kasus yang sedang kita hadapi,seperti forum kaskus,detik forum,dll.
itulah seklumit tips belajar yang baik untuk mahasiswa yang sering saya lakukan, bisa juga untuk bahan pertimbangan kawan kawan semua.sekian dulu dari saya kurang lebihnya say mohon maaf.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More